Dra. Asmiati, M.Pd

Nama : Dra. Asmiati, M.Pd Pekerjaan : Guru MTs Negeri 1 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Hobi : Membaca dan menulis Pendidikan : S1 Biologi IKIP Negeri Sura...

Selengkapnya
RAYAKAN MAULID DENGAN HADIRKAN OWNER AYAM BAKAR PAK “D”

RAYAKAN MAULID DENGAN HADIRKAN OWNER AYAM BAKAR PAK “D”

Jumat, 8 November 2019, MTsN 1 Kota Surabaya merayakan hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Maulid cukup dengan mendatangkan nara sumber untuk memberikan tausiah atau ceramah agama, membaca sholawat Nabi, dan anak-anak membawa kue untuk dinikmati bersama. Tetapi kali ini acara peringatan dikemas dalam bentuk lain. Yaitu ada kegiatan pasar/ market day sebagaimana dalam tema” Semangat Maulid Nabi Melecutkan Jiwa entrepreneur Day”. kegiatan yaitu Entrepreneur Day.

Bertempat di Masjid Al Amin, acara dimulai pada pukul 07.15. Acara diawali dengan pembacaan sholawat Nabi oleh tim Banjari madrasah. Lalu Ibu Umi Chanifah membuka acara dan membacakan susunan acara, yang rinciannya adalah :

1. Pembukaan

2. Sambutan Kepala Madrasah

3. Inspiring Young Entrepreneur Muslim

4. Penutup (doa)

5. Entrepreneur Day diiringi Sholawatan dari Remas Masjid al Amin MTsN 1 Kota Surabaya

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan Bapak Kepala Madrasah. inti dari sambutan bapak Kepala Madrasah adalah mengajak siswa meneladani akhlak Rasul. Setelah sambutan Bapak Kepala dilanjutkan pemberian motivasi oleh Bapak Erik Marsudi Utomo seorang pengusaha sukses yang bergerak dalam bidang kuliner. Meski tergolong pengusaha belia, beliau sudah memiliki lebih dari 30 cabang yang tersebar di Sidoarjo, Gresik, Malang, Bandung, Kalimantan dan Surabaya tentunya sebagai pusat usahanya,

Owner dari Ayam Bakar Pak “D” ini juga pernah meraih Juara I wirausahawan muda mandiri di bidang kuliner pada tahun 2017 serta meraih Most Favourit Nasional WMM pada tahun yang sama.

Antusisme anak-anak tinggi sekali dalam kegiatan motivasi ini. Tepuk tangan tak henti-henti manakala Bapak Erik menuturkan kesuksesan dalam bisnisnya. Dalam kegiatan ini beliau berpesan kepada seluruh siswa bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak terlepas dari kerja keras dan karakter jujur. Beliau juga menceritakan bahwa sejak kecil yaitu usia SMP beliau sudah belajar ber-entrepreneur dengan berjualan barang. Beliau berkata : “Keberhasilan tidak ditentukan oleh siapa orang tua kita”. Terbukti pada beliau sendiri yang mana orang tua beliau terakhir hanya berprofesi sebagai penjual es tebu di pinggir jalan. Beliau berprinsip : bisnis adalah ibadah, tidak menghitung untung rugi. Mulai sekarang “Mind Set” kita harus diubah, bekerja itu ibadah semua harus didasari dengan rasa ikhlas. Kita harus memikirkan akhirat nanti dunia akan mengikuti. Beliau berupaya meneladani sifat Rasullulloh dalam berbisnis, yaitu jujur dalam menjalankan kepercayaan, taqwa, , berani bermimpi, bersyukur, kerja keras dan bersedekah. Pemberian motivasi dari Bapak Erik sangat menginspirasi kita semua. Dan yang mengejutkan sekali, sewaktu panitia memberi uang transpor kepada Bapak Erik, ternyata beliau mengembalikan uang tersebut seraya berkata : “diberikan untuk masjid madrasah saja”. Luar biasa sekali, benar-benar dermawan.

Kurang lebih satu jam Bapak Erik memberikan motivasi , lalu kegiatan dilanjut dengan doa yang dibawakan oleh Bapak Sugeng, S.Pd. Kemudian ada doorprize.

Setelah pemberian motivasi,dilanjutkan tampilan Qosidah. Kemudian seluruh siswa mempersiapkan dagangan masing-masing. Mereka menuju stand yang sudah tertata rapi dan menarik. Tidak hanya siswa dalam tiap kelas yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, siswa yang tergabung dalam OSIS dan MPK (Majelis Musyawarah Kelas) juga ikut berpartisipasi. Kegiatan “market day” ini juga dilombakan. Dari 21 kelas yang mengikuti kegiatan market day ini akan diambil satu pemenang perjenjang kelas dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 200.000.

Adapun penilaian dalam lomba pasar ini yaitu :

1. Perencanaan

2. Kreativitas pemasaran

3. Kemasan barang yang dijual

4. Pemanfatan Sumber Daya Alam

5. Perhitungan keuntungan/laba

Dengan demikian ada pembelajaran dalam kegiatan pasar ini, tidak sekedar berjualan tetapi anak-anak memang dididik bekerja sebagaimana seorang pengusaha.

Dalam kegiatan pasar ini tiap kelas menjual jenis makanan atau bahan makanan yang berbeda. Sesuai dengan tema tentang sumber daya alam yang sudah ditentukan. Kelas 9 menjual hasil laut dan olahannya. Seperti cumi bakar, udang bakar, ikan bakar, pepes ikan Patin, peyek kupang dan lainnya. Kelas 8 menjual sayur dan hasil olahannya. Seperti jus sayuran, sinom,botok simbukan, salad sayur, cah kangkung dll. Kelas 7 menjual buah dan hasil olahannya, misalnya salad buah, juz kiwi, jus kurma, jus jambu, jus mentimun, jus mangga dan aneka buah kemasan. Luar biasa siswa MTsN 1 Kota Surabaya ini. Kegiatan ini sebagai bukti usaha madrasah dalam mengimplementasikan pembelajaran abad 21 yaitu kreatif, kolaboratif, dan mandiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

search